Tuesday, June 02, 2009

Fotografer Serambi Juara Foto Jurnalitik Pemilu 2009


BANDA ACEH - Muhammad Anshar, fotografer Harian Serambi Indonesia keluar sebagai Juara I Lomba Foto Jurnalistik Pemilu 2009 di Aceh. Karya foto berjudul ‘Harapan Penerus Bangsa’ ini dipilih menjadi karya terbaik menyisihkan 64 foto karya 14 fotografer dari seluruh Aceh. Para pemenang dimumkan Media Center Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh sebagai pihak penyelenggara lomba dengan dukungan Foundation for Electoral Systems (IFES), Senin (1/6).

Selain karya Muhammad Anshar, dewan juri yang terdiri dari unsur KIP Aceh, IFES, dan wartawan foto Tarmizi Harva dari Reuters juga menetapkan dua karya terbaik lainnya. Masing-masing atas nama Rahmad Kelana dengan judul ‘Berbeda Untuk Satu Tujuan’ sebagai karya terbaik II dan Heri Juanda dengan judul ‘Suara untuk Perubahan’ sebagai pemenang terbaik III. Keduanya merupakan fotografer Harian Aceh.

Bagi Muhammad Anshar, karya foto berjudul ‘Harapan Penerus Bangsa’ yang ditetapkan sebagai karya foto terbaik I, merupakan prestasi yang kesekian kalinya, setelah pada 10 Mei lalu, juga meraih juara terbaik I pada Kompetisi Foto Jurnalistik Bulog. Karya fotonya berjudul ‘Asa di Bawah Bulir Padi’ tersebut mampu menyisihkan 302 foto lainnya yang dikirim 56 peserta dari 32 media.

Sedangkan karya foto berjudul ‘Harapan Penerus Bangsa’ ini direkam pada Rabu (24/3) lalu, atau pada hari kedelapan kampanye terbuka pemilu legislatif 2009 di kawasan Jembatan Lambaro, Aceh Besar. “Saya merekamnya ketika perjalanan pulang usai mengambil gambar suasana kampanye sebuah partai lokal di Lapangan Siron, Kecamatan Ingin Jaya, Aceh Besar,” katanya.

Perwakilan IFES Indonesia, Adam Schmidt mengatakan, penilaian pada lomba foto tersebut didasari pada kesesuaian tema, originalitas pesan, isi (materi) dan dampak foto, teknik pengambilan gambar, estetika dan kreatifitas. Dia mengatakan, pihaknya memberi apresiasi atas partisipasi para fotografer di Aceh yang telah mengirimkan karyanya dalam lomba ini. Para pemenang Lomba Foto Jurnalistik Pemilu 2009 berhak mendapatkan hadiah uang tunai dan sertifikat. “Di samping itu, sebanyak 64 karya foto lomba itu juga akan di tampilkan di website IFES,” pungkasnya.(sar)

Akses m.serambinews.com dimana saja melalui browser ponsel Anda.

0 comments:

Next previous home
 

DEWAN PIMPINAN PUSAT PARTAI SIRA (DPP) Copyright © 2008 Black Brown Pop Template by Ipiet's Edit Udin